Pertengkaran dalam Rumah Tangga? Ini Rules of the Game-nya

Mempelai.Info – Namanya juga hidup berumah tangga, jalanin hidup sama sosok yang berbeda dengan diri kita sendiri, maka beda pendapat itu pasti akan terjadi. Pertengkaran itu lumrah banget terjadi di antara dua insan yang berbagi ruang. Shit happens, no matter how hard you try to avoid it. Yang penting, kamu mesti hindari tindakan-tindakan tabu di bawah ini saat sedang selisih pendapat dengan pasangan kamu.

Segala sesuatu pasti ada aturan mainnya. Kita mau belanja di supermarket pun ada aturannya, masuk lewat pintu masuk, keluar lewat kasir, dan harus bayar. Nah, apalagi perihal pertengkaran dalam rumah tangga. Jika kamu ingin kehidupan rumah tanggamu awet, silahkan ikut aturan main dalam pertengkaran versi Mempelai ini.

Don’t raise your voice

Semarah-marahnya kamu, there is no point meluapkannya kayak Tazmanian Devil, dan naikin nada suara macam Ariana Grande kejepit pintu. Setiap tangga nada yang kamu naikin, justru makin menurunkan kualitas hubungan kalian. Keep your cool.

Jangan menutup komunikasi, mintalah ruang

Kalo kamu ngerasa semuanya udah diobrolin, dan energimu terkuras, jangan pernah matiin gawaimu, atau bahkan memblok nomor WA dia. Just say, “jangan hubungi aku dulu 2-3 hari ini, aku butuh ruang”. Tau nggak, seorang yang sangat bijak pernah bersabda bahwa kita gak dibolehin ngediemin orang lebih dari 3 malam, dan yang the best dari keduanya ialah yang ngucapin salam (nanyain kabar; minta maaf) duluan.

Jangan dipepet terus

Kalo kamu di pihak yang gampang banget move on dari pertengkaran, jangan dipepet terus ya dianya. Hargai dirinya dengan memberi dia waktu untuk cooling down. Setelah 2-3 hari, kamu boleh kok nanyain kabarnya.

Bawa-bawa masalah lain yang gak ada hubungannya

Kendalikan dirimu dengan gak bawa-bawa masalah lain yang butuh porsi penyelesaiannya sendiri. Sama sekali gak perlu bawa-bawa, misalnya, selisih pendapat sama mertua ke pertengkaranmu dengannya. Pertengkaran rumah tangga biasa jangan dijadiin ajang perang dunia ketiga ya.

Harsh words

Kata-kata kasar, makian yang termuntahkan di pertengkaranmu dengannya, bagai kamu lagi nambahin garam ke luka. Tahan diri ya. Mending garamnya ditambahin ke kentang goreng bikinan sendiri untuk nurunin stress level.

Unboxing mantan

This act is waaay… too… dangerous. No “handle with care” advise, because you won’t be able to handle its catastrophic effect. No further comment.

Sekali lagi, pertengkaran itu hal biasa. Yang bikin nggak biasa, mungkin perilaku kita dalam menyikapinya. Asal kamu hindari tabu-tabu di atas, kamu kemungkinan besar bisa handle konflik-konflik sama pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *