Gagal Resepsi karena gak Tertib Administrasi? Segera Rekam e-KTP mu!

Mempelai.Info – Melansir Kompas.com tertanggal (17/9) lalu yang menyebutkan bahwa data kependudukan akan diblokir kalo belum rekam e-KTP. Maka info tersebut menjadi sangat penting bagi kalian yang akan menikah namun belum rekam e-KTP lho.. Kenapa?

Coba bayangin, kalian mau gak jika semua persiapan pernikahan dari A sampai Z sudah terencana sempurna namun gak bisa ke penghulu karena ngurus KTP dulu, hingga berujung gagal resepsi karena karena gak tertib administrasi?

Jadi, kalo kalian ingin persiapan momen bahagia kalian berjalan lancar, yuk simak ulasan berikut.

 

E-KTP ialah basis data kita untuk banyak hal

Kegunaan e-KTP tuh banyak banget. Coba liat aja isi dompet dan map dokumen pribadi kamu, keluarin semua jenis kartu yang ada di dalam sana. SIM, STNK, ATM, kartu BPJS, dan kelak kartu keluarga serta buku nikah kamu pun perlu e-KTP sebagai kelengkapan administrasinya.

 

Nah, ini akibatnya kalo sistem ngedetect kamu belum rekam e-KTP

Kamu bakal kesulitan untuk urus dokumen-dokumen di atas, termasuk urusan penghulu dan akta nikah yang diterbitkan oleh KUA. Kalo gak ada data valid, gimana sistem mau terima? Kalo sistem gak nerima, gimana bisa ada penghulu. Kalo gak ada penghulu, gimana kamu/pasangan kamu bisa bilang saya terima nikahnya…

 

Ok, gue mau urus atau buka blokirnya, caranya gimana?

Cukup mudah kok, tinggal datengin aja Dinas Pencatatan Sipil di tempat kamu dan lakukan perekaman e-KTP di sana ya. Jangan sampe lupa ya, menurut Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh, pemblokiran dilakukan setelah 31 Desember 2018. Jadi kamu masih ada waktu sampai akhir Desember untuk melakukan rekam e-KTP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *