Mengurus Dokumen Pra dan Pasca Nikah Kini Lebih Mudah

Mempelai.Info – Sebelum atau pasca pernikahan, pasti kamu harus mengurus beragam dokumen baru. Kebayang kan, ada rentetan birokrasi yang mesti kamu hadapi? Pertama, kamu mengurus surat pengantar yang berjenjang dari RT, lalu RW, hingga kelurahan.

Selesai?

Belum!

Dari kelurahan, kamu harus keluarin ongkos jalan ke kecamatan. Lalu setelah kecamatan, ke dinas catatan sipil.

Udah?

Belum juga.

Kamu mesti sabar menunggu kabar seminggu bahkan sebulan.

Nah, ada kabar gembira buat kamu yang sedang membangun keluarga kecil dalam mengurus dokumen baru. Panjangnya jenjang birokrasi yang harus kamu hadapi, kini bisa dipotong karena kamu gak harus mengurus surat pengantar dari RT.

Empat jenjang birokrasi langsung dipotong sekaligus berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018. Perpres yang disahkan 18 Oktober kemarin ini menyatakan pembuatan dokumen kependudukan gak lagi membutuhkan surat pengantar RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan. Kamu tinggal datang langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di kota tempat kamu tinggal.

Berbagai dokumen yang gak perlu lagi membutuhkan surat pengantar sebagai kelengkapan dokumen adalah:

Kartu Keluarga baru: Menikah artinya kamu udah resmi jadi kepala keluarga atau jadi anggota keluarga yang baru. Cuma butuh surat nikah dan keterangan pindah alamat buat anggota keluarga baru.

Kartu Keluarga perubahan: KK lama dan surat pernyataan perubahan.

E-KTP baru: Cukup lampirkan KK.

Perubahan E-KTP: Menikah berarti meruntuhkan status belum menikah di E-KTP kamu yang lama. Kalo kamu pindah ngikut suami, berarti sah butuh ubah E-KTP. Syaratnya Cuma KK dan surat keterangan pindah.

Akta kelahiran: Surat keterangan lahir dari Rumah Sakit, surat nikah, KK dan E-KTP.

Akta kematian: Hanya butuh surat kematian.

Cukup mudah kan? Pemotongan jalur birokrasi ini bisa menghemat waktu dan tentunya biaya. Ayo, jadi warga negara yang baik yang tertib administrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *