Orang yang Menikah gak Gampang Stres, Masa sih?

Mempelai.Info – Banyak orang cenderung berpikir berlebihan ketika akan menghadapi pernikahan. Mereka berasumsi bahwa kehidupan setelah pernikahan akan menimbulkan banyak persoalan yang membuat mereka stres. Hal tersebut rupanya keliru, karena ada penelitian yang justru menunjukkan hasil sebaliknya.

Psikiater sosial, Lee Robins dan Darrel Regier menemukan bahwa kebanyakan pasangan menikah justru jarang mengalami gangguan mental atau depresi.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka lebih sanggup menghadapi tekanan atau menghindar dari sakit kejiwaan dibanding orang-orang yang belum menikah atau bercerai.

Alasannya adalah bahwa pasangan menikah sudah terbiasa berbagi (sharing) karena sudah saling terbuka satu sama lain. Mereka sudah terbiasa saling berbagi perasaan dan berbagi peran sebagai pendengar yang baik.

Artinya, kemampuan mereka untuk bisa saling melengkapi satu sama lain menyebabkan mereka memiliki kesehatan mental yang lebih baik dengan mereka yang belum menikah.

Sebagai makhluk sosial, manusia pada dasarnya saling membutuhkan satu sama lain. Manusia tidak bisa hidup sendiri. Inilah mengapa, pernikahan bisa menjadi solusi untuk bisa menjaga kesehatan mental manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *