Sering Mendengar Lagu Melow Saat Lagi Galau? Ternyata Ini Penyebabnya

Mempelai.Info – Ketika sedang merasa sedih atau kecewa akibat patah hati, manusia cenderung akan mendengarkan lagu-lagu melankolis yang mendeskripsikan kegalauan.

Apa kamu pernah mengalami hal yang sama?

Penasaran gak sih, kenapa kita cenderung mendengarkan lagu melow saat galau?

Ini lho sebabnya.

Pada tahun 2014, seorang pakar musik bernama Kay Norton meneliti bahwa alasan musik melankolis dengan lirik sedih menjadi lebih sering didengar saat manusia mengalami putus cinta atau kekecewaan adalah karena bisa menggambarkan kesedihan.

Lagu galau dapat melarutkan emosi, sehingga menghilangkan rasa sedih. Seseorang bisa melepaskan emosinya ketika mendengarkan musik dan lirik bernada sedih.

Biasanya setelah mendengar lagu melankolis nan galau, perasaan akan menjadi lega. Kemudian rasa bahagia akan muncul ketika suasana hatimu ‘nyambung’ dengan lirik lagu tersebut, sehingga membuatmu pikiranmu melayang dan berimajinasi.

 

Mendengar lagu sedih lebih baik daripada memendam perasaan sedih dalam hati

Dengan meluapkan emosi saat mendengar lagu sedih, maka kamu sudah melakukan langkah awal mengatasi stres atau menghilangkan kesedihanmu. Jika kamu terus membendung emosi itu dengan memendamnya saja, maka kamu hanya akan menyimpan rasa yang kelak akan menumpuk sehingga memunculkan emosi negatif lainnya.

Penelitian lain dari Freie Universitat Berlin, Jerman juga mengungkapkan hal senada terhadap dampak mendengarkan lagu sedih pada emosi kejiwaan seseorang. Berdasarkan survei terhadap 770 orang, mendengar lagu sedih ternyata bisa membangkitkan emosi positif, seperti perasaan damai.

Selain itu, lagu sedih juga memiliki potensi untuk mengatur mood, menghindari emosi negatif, sekaligus memberikan hiburan atau menciptakan perasaan yang rileks. Ini artinya, lagu sedih ternyata juga berperan dalam kebahagiaan seseorang.

 

Jangan terlalu sering atau lama mendengar lagu sedih

Lagu sedih memang mampu membantu perasaan jadi lebih nyaman, namun sebaiknya jangan terlalu sering atau lama mendengarnya agar tidak larut dalam kegalauannya ya. Setelah perasaanmu menjadi lebih baik, lanjutkan dengan mendengarkan lagu-lagu yang lebih ceria.

Jadi, kalau lagi sedih, kamu biasa dengerin lagu apa nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *