Inilah 4 Jenis Istirahat yang Diperlukan Saat Sudah Terlalu Sibuk

Mempelai.Info – Kesibukan membuat kita tidak lagi mengenal istirahat. Padahal, dengan selalu berada dibawah tekanan akan membuat kita kehilangan banyak energi.

“Istirahat berbeda dengan tidur. Istirahat merupakan aktivitas restoratif,” ucap Saundra Dalton-Smith MD, melansir Shape.

Dokter Dalton-Smith mengkategorikan empat tipe istirahat sesuai dengan kebutuhan pribadi seseorang sebagai berikut:

1. Istirahat Kreatif
Ini adalah jenis istirahat untuk mencari inspirasi atau motivasi. Cobalah keluar rumah atau mencari ruang terbuka dan hiruplah udara segar. Cara ini berguna untuk menemukan inspirasi atau motivasi agar kembali semangat menghadapi kesibukan selanjutnya.

2. Istirahat Mental
Sadarilah bahwa dunia ini bukanlah tempat untuk sekedar bekerja saja. Tenangkan pikiran yang kacau dengan mengistirahatkan mental, fokuskan diri dengan hal-hal yang lebih penting. Selalu utamakan diri sendiri dengan melepaskan hal-hal yang selama ini menjadi beban mental. Hal ini bisa dilakukan dengan cara meditasi, merenung, berdoa atau berdiam diri untuk menenangkan pikiran.

3. Istirahat Fisik
Istirahat fisik mampu meredakan ketegangan tubuh sehingga akan meningkatkan kualitas tidur. Kurangi aktifitas berat, lalu lakukan kegiatan fisik ringan seperti jalan pagi, peregangan, relaksasi atau melakukan Yoga. Aktifitas ini efektif untuk menghilangkan stres dan meredakan nyeri pada tubuh.

4. Istirahat Sosial
Kesibukan dalam bekerja seringkali membuat kita jauh dengan keluarga atau teman dekat. Istirahat sosial adalah mengistirahatkan diri dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, atau orang yang kita sayangi. Menjalin komunikasi dengan keluarga atau sahabat lama dipercaya dapat membantu diri menjadi lebih bahagia dan kembali semangat menjalani tantangan hidup selanjutnya.