Mahar gak Mesti Mahal, Sendal-pun Bisa Jadi Mahar?

Mempelai.Info – Mahar atau mas kawin adalah ‘harta’ yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki (atau keluarganya) kepada mempelai perempuan (atau keluarga dari mempelai perempuan) pada saat pernikahan. Namun, makna ‘harta’ dalam hal ini sejatinya gak melulu barang atau sesuatu yang memiliki nilai tinggi secara finansial.

Persepsi mahar harus mahal sepertinya mesti diluruskan, karena sejatinya mahar adalah simbol ketulusan cinta atau keikhlasan dalam wujud sebuah barang yang memiliki nilai tersendiri bagi kedua pasangan mempelai.

Singkatnya, pernikahan dengan mahar sendal-pun bisa dilakukan jika memang barang tersebut memiliki kesan khusus bagi pasangan yang akan menikah. Bahkan, mahar tidak harus berwujud barang. Misalnya, dalam agama Islam hafalan ayat-ayat Al-Quran pun bisa dijadikan mahar, karena mahar menurut ajaran Islam adalah yang paling murah atau sesuatu yang tidak memberatkan calon mempelai pria.

Menghabiskan sebagian besar anggaran pernikahanmu hanya untuk mahar bukanlah keputusan yang bijak. Ingat, usai kamu melaksanakan pernikahan akan ada kebutuhan mendasar yang perlu kalian siapkan, seperti kebutuhan tempat tinggal atau biaya untuk mempersiapkan calon buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *