Merawat Ketiak agar Tidak Bau

Mempelai.Info – Udara lembab dapat menyebabkan ketiak mudah berkeringat dan menimbulkan bau tak sedap. Hal ini adalah proses alami yang terjadi pada tubuh, namun bisa membuat kita malu.

Berikut ini adalah cara agar kulit ketiak tetap kering dan mengurangi bau tak sedap.

1. Lakukan pengelupasan kulit

Tidak hanya kulit wajah dan tubuh, kulit ketiak juga perlu dirawat dengan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Eksfoliasi dapat menghilangkan sel kulit mati dan membuka pori-pori kulit yang membuat kulit kembali segar dan sehat.

Pori-pori yang bersih akan membuat keringatmu berkurang. Saat mandi, luang beberapa menit untuk menggosok ketiakmu. Kamu juga bisa menggunakan scrub untuk mengelupas kulitmu agar mendapat hasil lebih baik dan cepat. Gunakan scrub 3-5 menit sebelum dibilas.

2. Menggunakan antiperspirant

Deodoran adalah penangkal bau badan. Namun, yang perlu kamu ketahui adalah deodoran hanya menekan bau, bukan keringat.

Sedangkan antiperspirant berfungsi menghalangi kelenjar keringat di ketiakmu, sehingga mampu mencegah keringat berlebihan pada ketiak yang dapat menimbulkan bau. Kamu juga bisa menggunakan antiperspirant dengan kandungan aluminium klorida untuk memperoleh hasil lebih kuat.

3. Mengenakan pakaian berbahan katun

Pakaian berbahan katun dapat membantu kulitmu ‘bernafas’, berbeda dengan bahan sintetis yang tidak dapat menyerap keringat. Hal ini tentu dapat membuat tubuh tidak nyaman.

Gunakanlah pakaian katun berwarna pastel terang dan longgar untuk mencegah keringat berlebih pada ketiak.

4. Mencukur

Rambut ketiak berfungsi untuk mempertahankan kelembaban, inilah yang menyebabkan ketiak mudah berkeringat. Oleh sebab itu, dengan mencukur rambut ketiak akan mengurangi keringat berlebih. Cukurlah dengan cara waxing atau menggunakan krim penghilang rambut. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ketiak agar keringat berlebih dapat dikurangi.

Dari berbagai sumber