Persiapan Keuangan Setelah Menikah

Mempelai.Info – Resepsi pernikahan merupakan hal penting dalam memulai bahtera rumah tangga. Namun jangan abaikan rencana jangka panjang setelah pernikahan. Diantaranya keuangan. Apa saja yang perlu dipersiapkan setelah pernikahan?

1.Rumah
Salah satu pengeluaran terbesar setelah menikah adalah tempat tinggal. Setelah menikah, bicarakan bersama pasangan akan tinggal dimana. Apakah rumah sendiri, kontrakan, atau tinggal bersama orang tua maupun mertua. Jika Anda berdua baru merencanakan akan membeli rumah, maka sisihkanlah uang untuk biaya cicilan rumah beserta bunga nya, tentunya tanpa mengganggu pengeluaran sehari-hari.

2. Pengeluaran Bulanan
Setelah berumah tangga, tak dipungkiri akan berhadapan dengan urusan uang, diantaranya untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, minuman, dan juga obat-obatan. Selain itu mulailah berhitung perkiraan listrik dan pemakaian air per bulan. Berapa watt listrik dan air yang digunakan sehari-hari.

2. Biaya persalinan
Memiliki anak merupakan salah satu dari tujuan pernikahan. Maka dari sekarang mulailah menabung untuk biaya selama hamil dan persalinan. Bicarakan kepada pasangan rencana pemeriksaan kandungan sampai pemilihan tempat melahirkan di rumah sakit atau klinik, dan kisaran biayanya. Tentunya yang sesuai dengan pendapatan Anda berdua.

3. Pendidikan
Setelah tumbuh, anak membutuhkan biaya yang tak sedikit. Salah satunya di sektor pendidikan. Mulailah berdiskusi bersama pasangan sekolah yang cocok dan ramah di kantong. Jangan sampai menginginkan sekolah mahal, tetapi tidak sesuai dengan pendapatan Anda berdua.

4. Biaya Tak Terduga
Terkadang biaya tak terduga hampir terlupakan. Ini merupakan pengeluaran ketika pasangan atau anak tiba-tiba sakit, atau terkena musibah atau juga acara keluarga yang sifatnya mendadak.
Memang terdengar sepele, tetapi justru terkadang biaya tak terduga malah menjadi pengeluaran yang cukup besar jika tidak dibicarakan sejak awal.

 

Penulis:

Arnelia Triwardini – Jakarta

 

 

One Reply to “Persiapan Keuangan Setelah Menikah”

Comments are closed.