Rumah Tangga dan Media Sosial, Bisakah Berjalan Paralel?

Mempelai.Info – Kita hidup di tengah era keterbukaan informasi, di mana begitu gampangnya jempol kita menari di atas gawai, surfing di rimba media sosial. Di sana, sumber informasi melimpah ruah, termasuk yang disalurkan oleh ujung jempol kita sendiri.

Hampir semua hal dibahas di dunia maya, sebuah platform media sosial udah dibentengi oleh berbaris Syarat dan Ketentuan, atau kalau dalam bahasa Facebook, Standar Komunitas. Media sosial, sebagaimana “media adiktif” lainnya, tentu aja punya efek samping. Jika rokok membuka jalan ke berderet-deret penyakit, media sosial punya domino effect serupa rasa cemburu yang gak perlu, miskomunikasi (ironis sekali ya), sampai ke… pemutusan tali silaturahmi. Singkatnya, media sosial punya kekuatan untuk mendekatkan yang jauh, sekaligus menjauhkan yang dekat.

Facebook sendiri udah menembus jutaan pengguna. Yang awalnya cuma media sosial lingkaran kecil Zuckerberg dkk, kini menjadi lingkaran raksasa, hingga pada gawai keluaran terbaru pun udah terpasang aplikasi Facebook. Di dalamnya, ada beraneka pengguna yang berbagi informasi. Tua, muda, seleb, jelata, berumah tangga, jomblo, semua jenis nyaris ada.

Baca juga: Akun Instagram Layak Follow Bagi Newly Wed Couple!

Dengan penggunanya yang beragam, maka beranda Facebook seperti tumpukan kisah dengan bermacam genre seperti Poleksosbudhankamcin. Cin? Iya, soal cinta—dengan segala konteksnya, termasuk rumah tangga—pun tak pelak dijadikan tema dengan berbagai teknik pengisahan: puisi, deklarasi pacaran/putus, sampai ke curcol (curhat colongan).

Pertanyaannya, bisakah rumah tangga dan media sosial seiring sejalan sepanjang jalan kenangan mereka bergandeng tangan?

Jawabannya, mirip jemuran, ya tergantung. Iya, tergantung tujuan kamu bermedia sosial. Cuma hiburan sesaat atau udah jadi kehidupan kedua? Jangan lupa konten yang kamu share, membawa manfaatkah? Menginspirasi orangkah? Atau cuma sebatas curhatan nirfaedah?

Banyak lho pasangan yang menginspirasi orang banyak. Kamu bisa lihat akun Instagram @illonaillonalona, yang berisi tulisan tentang perjalanan bersama sang suami merawat anaknya. Atau akun aktor film Jomblo, @ringgoagus yang bersama istrinya membuat video yang isinya pesan untuk sang anak.

Kira-kira, kamu masuk yang mana?

One Reply to “Rumah Tangga dan Media Sosial, Bisakah Berjalan Paralel?”

Comments are closed.